Senin, 28 Maret 2011

Bahaya Wanita Berpayudara Besar

http://www.casavina.com/wp-content/uploads/2011/01/044.jpg
Payudara yang padat, impian setiap wanita. Tapi siapa menduga, di balik keindahan tersebut tersimpan risiko fatal yakni bisa mendatangkan penyakit mematikan, kanker.
Menurut periset di Toronto, Kanada, kepadatan jaringan payudara dapat menjadi salah satu faktor penentu tentang kemungkinan seorang wanita bisa kembali menghadapi risiko kanker payudara atau sebaliknya.
Dijelaskan mereka, wanita yang pernah mendapatkan pengobatan untuk kanker payudara memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kembali jika memiliki payudara yang padat.
Jaringan payudara yang lebih padat empat kali lipat akan memungkinkan wanita kembali terkena kanker dibandingkan dengan wanita yang payudaranya kendur atau kurang padat.
Peneliti dari Women’s College Hospital di Toronto, Kanada, menganalisa catatan medis dari 335 wanita yang pernah menjalani operasi invasif kanker payudara.
Periset juga mengamati responden yang tetap mendapatkan perawatan mammografi. Kepadatan payudara responden masuk kategori rendah, sedang atau tinggi.
Dalam penelitian ini menunjukkan payudara lebih tinggi terjadi pada wanita lebih muda. Jika semakin padat jaringan tersebut maka risiko kembali terkena kanker payudara juga semakin besar. Selama periode 10 tahun, wanita dengan kepadatan payudara tinggi memiliki risiko kekambuhan sebesar 21 persen dibandingkan dengan yang kurang padat yakni hanya sebesar 5 persen.
Periset mengungkapkan bahwa temuan ini menunjukkan wanita dengan kepadatan payudara yang rendah tidak memerlukan perawatan radioterapi dan peneliti juga percaya hormon yang mempengaruhi jaringan payudara mempengaruhi rentannya seseorang terkena kanker kembali. “Komposisi dari jaringan payudara di sekitar kanker payudara penting dalam meramalkan ada atau tidaknya kemungkinan terjadi kanker payudara lagi setelah menjalani operasi,” ujar Dr Steven Narod dari Women’s College Hospital. Jadi bagi para pemilik payudara besar, mulai sekarang jangan berbangga hati dulu karena di balik itu, bisa jadi tersimpan malapetaka yakni kanker yang mematikan.
Sumber : rileks.com

0 komentar:

Posting Komentar